Seringkali kita dipusingkan dengan password BIOS. Bisa jadi karena kita lupa paswordnya, atau juga saat kita ingin memperbaiki komputer teman kita, atau bisa jadi BIOS komputer kita dijahili orang lain. Ada banyak cara untuk bisa masuk kembali ke setting BIOS.
Berikut beberapa cara untuk bisa masuk kembali kesetting BIOS jika kita tidak mengetahui passwordnya.

1. Reset Jumper BIOS
Ini adalah cara terampuh yang sering dilakukan untuk mereset password BIOS.
Caranya:
a. Buka penutup casing komputer anda
b. Carilah Jumper BIOS, biasanya ada didekat Batere BIOS dengan kode JBAT, JP1 atau CLR_CMOS dengan jumlah pin sebanyak 3
c. Dalam posisi normal Jumper berada pada posisi pin 1 dan pin 2. Untuk mereset pindahkan Jumper pada posisi pin 2 dan pin 3. Untuk lebih jelasnya anda bisa membaca manual book dari mainboard yang anda gunakan
d. Setelah dipindahkan keposisi pin 2 dan pin 3, tekan tombol power beberapa kali untuk lebih memastikannya. Jika posisi jumper yg anda pindahkan benar maka komputer tidak akan menyala saat anda tekan tombol power. Tetapi jika komputer menyala maka anda salah memindahkan posisi jumper atau bukan jumper reset BIOS yg anda pindahkan.

e. Setelah itu kembalikan posisi jumper keposisi normal yaitu pin1 dan pin 2. Setelah itu hidupkan kembali komputer anda dengan cara menekan tombol power.

Jika berhasil cobalah masuk ke menu setting BIOS, maka password BIOS sudah tidak ada lagi.Ada beberapa mainboard khususnya mainboard komputer lama (486) tidak mempunyai jumper BIOS. Jika ini anda alami maka mata anda harus jeli. Carilah 2 titik timah dalam lingkaran kecil yg posisinya dekat batere BIOS. Untuk meresetnya gunakan obeng dan sentuh 2 titik timah tersebut, lalu tekan tombol power seperti cara diatas. Mungkin cara ini sedikit berbahaya jika anda tidak mengetahui dengan benar posisi 2 titik timah tersebut. Sedikit ada percikan listrik seperti konslet saat kita melakukan proses ini. Jadi berhati-hatilah untuk cara yg satu ini.

2. Menggunakan Software CMOSPWD.EXE
Ada banyak software untuk mereset password BIOS, salah satunya yang sering saya gunakan adalah CMOSPWD.
Langkah- langkahnya :
a. Download di internet software CMOSPWD.EXE
b. Simpan file tersebut di disket atau komputer anda
c. Jalankan melalui mode command prompt (bisa menggunakan disket atau dari windows)
d. Jika menjalankan dari windows klik menu start > program > accessories > command prompt
e. Masuk direktori dimana anda menyimpan file tersebut, lalu ketikkan CMOSPWD lalu enter.
Jika berhasil akan muncul password BIOS ada. Bisa dimunculkan dalam bentuk kode atau password asli BIOS anda, tergantung dengan merk BIOS yg digunakan.

3.Menggunakan Software PASS.EXE
Software ini tidak memberitahukan password BIOS komputer kita tapi langsung mereset password seperti kita melakukan reset BIOS dengan menggunakan Jumper.
Caranya :
a. Download di internet software PASS.EXE
b. Simpan file tersebut di disket atau komputer anda
c. Jalankan melalui mode command prompt (bisa menggunakan disket atau dari windows)
d. Jika menjalankan dari windows klik menu start > program > accessories > command prompt
e. Masuk direktori dimana anda menyimpan file tersebut, lalu ketikkan PASS lalu enter.
Jika berhasil tidak akan muncul pesan apa, tapi cobalah masuk ke Menu BIOS anda maka password BIOS akan hilang.(Khotop@Palcomtech.com)